Mewakili Gubernur, Sekdaprov Lampung Buka BSI Gema Ramadan Bersama Baznas Lampung

Mewakili Gubernur, Sekdaprov Lampung Buka BSI Gema Ramadan Bersama Baznas Lampung

Bandar Lampung — Gubernur Lampung yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, membuka acara Bank Syariah Indonesia (BSI) Gema Ramadan bersama Baznas Lampung, di Komplek _Islamic Cente_ Provinsi Lampung, Jumat(31/03/2023).

Gubernur Arinal Djunaidi dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Sekdaprov Lampung menyambut baik kegiatan BSI Gema Ramadhan yang merupakan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Lampung, dan beberapa mitra lainnya.

Terlebih kegiatan BSI Gema Ramadhan ini diisi dengan berbagai perlombaan seperti MTQ, Pidato Milenial, Adzan, mewarnai Kaligrafi dan lain-lain, tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam pembinaan keagamaan kepada anak-anak dan generasi muda.

Sesuai data Baznas, bahwa potensi zakat secara nasional sebesar ratusan triliun. Sedangkan potensi zakat di Provinsi Lampung mencapai Rp4,5 triliun lebih. Dengan besarnya potensi ini diharapkan akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di Provinsi Lampung.

Guna memperkuat penggalangan zakat di instansi Pemerintah, Gubernur Lampung telah mengeluarkan Surat Edaran No: 451-12/1240/02/2023 tentang Pelaksanaan Zakat, Fitrah, Profesi, Maal, Infaq dan Shodaqoh pada Tanggal 24 Maret 2023. Dianjurkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara dan pegawai swasta yang beragama Islam agar dapat menyempurnakan ibadah puasa Ramadan dengan menunaikan zakat fitrah untuk membersihkan diri sesuai dengan tuntunan ajaran Agama Islam dan disalurkan melalui Baznas.

Salah satu peran Baznas yaitu, membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Oleh karena itu Gubernur mendorong 15 kabupaten/kota agar dapat mengembangkan kampung zakat. Dimana program Kampung Zakat sebagai upaya penuntasan kemiskinan yang berbasis pada daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal dengan prinsip amanah, bertanggungjawab, berkelanjutan, partisipatif dan terintegritas.

Dana yang dihimpun oleh Baznas dari masyarakat dapat digulirkan kembali ke masyarakat yang berhak/kurang mampu (mustahiq). Pemprov Lampung sangat mendukung pelaksanaan Program Kampung Zakat yang dilaksanakan di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang nantinya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

READ  Pj.Bupati Mesuji Paparkan Kebutuhan Kabupaten Mesuji di Musrenbang RKPD tahun 2024

Kegiatan BSI Gema Ramadhan dilaksanakan dari 23 Maret 2023 hingga 18 April 2023. Tidak hanya menyediakan takjil untuk berbuka puasa, di BSI Gema Ramadhan juga menyelenggarakan lomba-lomba untuk pelajar dan mahasiswa.

Terdapat kurang lebih 50 tenant dengan berbagai macam produk yang dijual, seperti produk UMKM khas Lampung. Selain itu tenant-tenant lain juga menjual baju, makanan, minuman dan otomotif.

Area Manager Bank Syariah Indonesia Perwakilan Lampung Dede Irawan Hamzah menyebutkan bahwa di Bumi Lampung ini masyarakatnya sangat bersemangat untuk menggeloralan ekonomi syariah, tinggal disatukan dan disinergikan. Moment pada hari ini adalah salah satu contoh untuk mensinergikan semua pihak terkait ke dalam kegiatan BSI Gema Ramadhan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Provinsi Lampung Iskandar menambahkan bahwa pada kegiatan BSI Gema Ramadhan yang diselenggarakan selama satu bulan Ramadhan, akan diadakan event tiap hari Selasa di _Islamic center_ berupa pelayanan penukaran uang baru.

Ketua Baznas juga menyebutkan bahwa Baznas mempunyai 8 program unggulan diantaranya bedah rumah sebanyak 50 kuota dan dari tahun kemarin sudah berjalan, Baznas tanggap bencana ada di 15 Kabupaten/Kota, dan penyaluran beasiswa kepada anak-anak yang kurang mampu dan berprestasi.

Hadir dalam acara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Budiono, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung Ganjar Jationo,dan Karo Kesra Ria Andari. (Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung).(ikang)

COMMENTS