Hari Pramuka ke 61 di Mesuji, Dihadiri Gubernur Lampung Arinal 

Hari Pramuka ke 61 di Mesuji, Dihadiri Gubernur Lampung Arinal 

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi memimpin upacara pada Hari Pramuka ke-61 Tingkat Daerah Lampung, di Lapangan Desa Mekar Jaya, Tanjung Raya, Mesuji, Kamis (27/10/2022).

Dalam momen tersebut, Arinal mengajak para kader Pramuka di Lampung, untuk mengabdi tanpa batas diberbagai bidang.

“Itu esuai dengan tema HUT Pramuka Mengabdi Tanpa Batas, Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa. Salah satunya adalah tugas membentuk karakter bagi generasi muda Indonesia,” kata Arinal Djunaidi.

Arinal berharap, Peringatan Hari Pramuka ke-61 di Mesuji, dapat mendorong perkembangan dan kemandirian Gerakan Pramuka. Sehingga hal itu dilakukan, untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda, sebagai calon pemimpin bangsa handal dimasa depan.

“Pembentukan karakter tangguh bagi generasi muda ini, merupakan hal yang penting, bahkan menentukan nasib bangsa dan negara dimasa depan. Kami sering mendengar, perlunya generasi muda memiliki kepribadian kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan mampu bekerjakeras,” ujar Arinal.

Usia 61 tahun Gerakan Pramuka, merupakan waktu tidak pendek untuk membuktikan gerakan terebut, telah memberikan kontribusi nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa Indonesia. Sampai saat ini, semangat itu tidak pernah pudar, Pramuka harus selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia.

Arinal Djunaidi juga menyampaikan lima pesan kepada segenap keluarga besar Gerakan Pramuka. Pertama, memberikan kualitas terbaik bagi pendidikan karakter bangsa, melalui berbagai kegiatan yang melibatkan generasi muda.

Lalu meningkatkan kepedulian akan kelestarian lingkungan, Pramuka memiliki kecakapan dan siaga dalam menghadapi bencana alam, yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Dengan meredanya pandemi Covid-19, kegiatan kepramukaan di Saka/Sako dan di Gugus Depan baik sekolah, pesanteran, dan desa dapat diaktifkan kembali, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

READ  Kawasan 14 Ilir Minim Saluran Sanitasi, Ini yang Dilakukan Wawako Palembang

Terakhir, melaksanakan kegiatan kepramukaan yang mendukung Program Lampung Berjaya. Dalam peringatan tersebut, Arinal Djunaidi menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako, uang santunan, dan dua unit kursi roda ke masyarakat di Mesuji.

Seperti diketahui, Kwarda Lampung dalam peringatan Hari Pramuka ke-61 melaksanakan rangkaian kegiatan berupa perkemahan pramuka, ulang janji, ziarah makam tokoh pramuka, donor darah, bakti sosial, dan lainnya.

Upacara juga dihadiri dua anggota DPD RI Abdul Hakim dan Bustami Zainuddin, Pj. Bupati Mesuji Sulpakar, dan Anggota Forkopimda Lampung, jajaran pejabat Pemprov Lampung, bupati/walikota, pengurus Kwarda Lampung dan para penerima penghargaan. (Team)

COMMENTS